Cara Mengatasi Layar Android Bergerak Sendiri

Posted on

Cara Mengatasi Layar Android Bergerak Sendiri – Terapan teknologi pada ponsel pintar terus mengalami pertumbuhan pesat setiap tahunnya. Perkembangan ini dibuktikan dengan terus hadirnya ponsel pintar keluaran terbaru dengan kelengkapan fitur dan spesifikasi yang semakin canggih serta simple dan instan. Tak heran bila keberadaan ponsel pintar sekarang ini tidak hanya sekedar alat komunikasi saja tetapi juga menjadi perangkat multitasking dalam menunjang berbagai kebutuhan mobilitas harian baik itu browsing, bisnis online, nonton movie, baca referensi, bekerja dan berbagai hal lainnya. Dengan terapan teknologi canggih itu pula banyak vendor ponsel pintar gencar dengan perilisan ponsel berteknologi terbaik yang dipasarkan secara kompetitif.

Walau begitu, ponsel pintar yang telah dibekali dengan terapan tekonologi super canggih sekalipun tidak akan terlepas dari sisi kelebihan dan kekurangannya. Seperti pada ponsel pintar dengan sematan sistem operasi android misalnya, hp yang telah menjadi pegangan hampir semua orang di dunia yang telah mengusung beragam teknologi canggih sehingga menjadi ponsel multitasking ini tetap saja dihantui dengan problem yang beragam.

Cara Mengatasi Layar Android Bergerak Sendiri

Sebut saja permasalahan layar android bergerak sendiri tanpa disentuh. Masalah seperti ini tidak jarang terjadi dan dialami oleh sebagian pengguna hp android. problem layar sentuh bergerak sendiri atau juga dikenal dengan istilah ghost touch ini memang cukup membuat penggunanya tidak nyaman. Oleh karena itu, lewat artikel ini kami akan coba paparkan bagaimana cara mengatasi layar android bergerak sendiri tanpa harus mereparasinya ke tukang servis hp.

 Cara Mengatasi Layar Android Bergerak Sendiri

Keluhan layar android menjadi seperti ghost touch bisa disebabkan oleh beragam faktor seperti sistem dan program error, pengaruh charger yang sudah tidak dalam kondisi baik, kualitas layar sentuh yang memburuk, terdampak oleh daya baterai yang habis, akibat pelindung layar yang kotor, mesin ponsel mengalami overheat, muncul celah (Bug) pada firmware sistem operasi ponsel, force gpu rendering yang aktif, kalibrasi layar sentuh, dan factory reset. Mari kita ulas satu per satu.

  1. Dengan Memuat Ulang Android

Untuk mengatasi layar android bergerak sendiri anda bisa coba mengatasinya dengan melakukan restart atau reboot android melalui tombol yang tersedia pada sistem ponsel tersebut. Cara ini cukup efektif dalam menormalkan kembali layar android yang bergerak sendiri akibat banyaknya aplikasi yang berjalan di belakang layar.

Jika sudah menggunakan satu aplikasi dan akan beralih ke aplikasi lainnya sebaiknya langsung ditutup saja dan tidak di minimize sehingga tidak akan berjalan di belakang layar. Sebab apk yang terus menumpuk berjalan di belakang layar akan menguras ruang RAM dan berdampak pada kinerja ponsel yang tidak stabil atau bahkan terjadi ghost touch.

  1. Dengan Mengganti Charger

Kemungkinan layar android begerak sendiri juga bisa disebabkan oleh charger rusak yang masih saja dipakai dalam pengisian daya baterai hp android. Apabila problem ghost touch ini adalah dampak dari charger rusak atau kabel usb yang sudah tidak berfungsi dengan baik, sebaiknya anda segera menggantinya agar ghos touch bisa teratasi serta tidak berindikasi pada masalah sistem error yang lebih serius lagi.

  1. Dengan Mengganti Layar Sentuh

Terjadinya ghost touch juga bisa diakibatkan oleh kualitas touchscreen yang sudah tidak baik akibat terkena air atau debu. Apabila setelah dicek ternyata memang benar layar sentuhnya telah rusak, maka anda harus segera menggantinya dengan yang baru. Agar tidak menimbulkan masalah lain sebaiknya anda menggatinya mealui tangan tukang servis yang sudah ahli.

  1. Dengan Melakukan Pengisian Baterai

Bisa jadi layar sentuh bergerak sendiri di hp android akibat dari daya baterai yang sudah lemah. Untuk itu segera lakukan pengisian baterai agar touchscreen bisa kembali dioperasikan dengan normal.

  1. Dengan Melepeas/Mengganti Pelindung Layar

Ghost touch juga bisa diakibatkan oleh screen protector yang sudah tidak bagus dan bahkan rusah. Melepas atau menggantinya dengan yang baru adalah solusi terbaik untuk dilakukan.

  1. Dengan Mematikan dan Melepas Baterai

Jika hp android anda masih pada tipe removable battery, problem ghost touch bisa diatasi dengan mematikan hp dan kemudian melepaskan baterainya selama beberapa saat lalu dipasang dan dihidupkan kembali. Solusi ini bisa diterapkan ketika layar sentuh bergerak sendiri di android diakibatkan oleh overheating karena penggunaan banyak aplikasi terlalu over.

  1. Dengan Upgrade Firmware/Custom ROM

Kemungkinan lain terjadinya ghost touch di android adalah adanya celah (bug) pada program android. Jika deteksi masalah utamanya adalah karena celah di sistem, anda bisa mengatasinya dengan melakukan upgrade firmware atau custom ROM.

  1. Dengan Menontaktifkan Opsi Force Gpu Rendering

Indikasi lain dari ghost touch di android adalah opsi force gpu rendeing yang ternyata aktif. Silahkan matikan opsi ini untuk mengatasi masalah layar android bergerak sendiri.

  1. Dengan Aplikasi Kalibrasi Layar Sentuh

Penanganan layar sentuh android bergerak sendiri juga bisa diakali dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga berupa aplikasi kalibarasi touch screen. Anda bisa mengunduh dan memasan apk gratis ini di android melalui Google Play.

  1. Dengan Factory Reset

Dan opsi terakhir untuk mengatasi maslaah ghost touch di android adalah dengan mereset ulang hp android ke bawaan pabrik. Anda bisa melakukannya dengan masuk ke Pengaturan >> Cadangkan >> Reset data pabrik. Pastikan anda melakukan cara ini setelah semua data penting di hp android anda di backup.