Cara Setting Wifi Kamera Kogan Ke HP Android

Posted on

Cara Setting Wifi Kamera Kogan Ke HP Android-Action camera menjadi salah satu perangkat yang banyak dimiliki saat ini. Action cam ini memberikan akses yang sangat mudah bagi orang-orang yang ingin melakukan berbagai aktivitas dan mengabadikan aktivitas tersebut dalam gambar ataupun video. Semuanya menjadi mudah karena camera yang satu ini berbeda dengan pocket camera ataupun DSLR. Ukuran action cam tergolong sangat kecil bila dibandingkan dengan dua jenis kamera lainnya. Walau ukurannya kecil, tapi mampu memberikan fitur yang mumpuni. Dalam hal ini, Kogan adalah salah satu perusahaan yang mengembangkan dan memproduksi action camera ini. Tentunya, Setting Wifi Kamera Kogan Ke HP Android menjadi hal yang perlu diketahui agar nantinya mampu mengoperasikan kamera tersebut.

Sebenarnya, ada banyak brand atau merk action camera saat ini. Karena banyaknya kebutuhan akan camera ini, banyak opsi yang kemudian muncul dan menawarkan beragam jenis fitur yang ada. Kogan menjadi salah satunya. Fitur yang ada sangatlah memberikan kemudahan dalam pengambilan foto ataupun video. Lensa kamera juga memiliki kualitas yang bagus sehingga mampu memberikan hasil foto yang pasti akan sangat memuaskan. Selain itu, pengambilan foto dari gawai juga akan lebih mudah dengan jaringan nirkabel yang ada.

Cara Setting Wifi Kamera Kogan Ke HP Android

Pengambilan foto dan video memang akan menjadi sangat mudah. Dengan adanya teknologi wireless atau nirkabel, pengguna bisa saja mengoperasikan kamera dari perangkat smartphone ataupun tabletnya. Hal ini akan sangat berguna karena nantinya tampilan yang diambil dari lensa kamera Kogan tersebut juga akan muncul di layar di gawai yang digunakan. Untuk melakukannya, berikut ini tahapannya.

  1. Mengunduh aplikasi

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengunduh aplikasi yang bernama XDV. Proses pengambilan foto dari gawai memang membutuhkan aplikasi tambahan sebagai media untuk mengakses fitur yang ada di kamera Kogan tersebut. Tanpa adanya aplikasi ini, nantinya kamera dengan smartphone ataupun tablet tidak akan bisa terhubung dan pengambilan gambar dari gawai tidak bisa dilakukan.

Untung saja, aplikasi yang disediakan oleh Kogan ini bukanlah aplikasi yang berukuran besar. Ukuran aplikasi masih di bawah 10 MB. Dengan ukuran ini, tentunya mengunduhnya akan lebih mudah dan cepat untuk dilakukan. Kuota atau data yang diperlukan juga tidak akan terlalu banyak. Selain itu, aplikasi ini juga ringan sehingga bisa berjalan di hampir semua versi gawai berbasis android.

  1. Menghubungkan kamera ke gawai berbasis Android

Setelah aplikasi sudah terunduh dan terpasang, sekarang adalah saatnya untuk menghubungkan kamera ke perangkat smartphone ataupun tablet yang dimilki. Dalam proses ini, patut diperhatikan bahwa baterai kamera haruslah masih dalam keadaan aman. Hal ini diperlukan karena proses pengambilan foto dan video bisa saja terhenti karena baterai kemera habis. Hal yang sama juga perlu diperhatikan pada baterai gawai yang digunakan. Selain itu, sisa kapasitas memori yang ada di kamera juga perlu diperhatikan.

Setelah itu, yang perlu dilakukan hanyalah mengaktifkan jaringan nirkabel atau wireless yang ada di kamera Kogan. Caranya sangatlah mudah karena action cam Kogan sudah menyediakan tombol khusus yang berada di sebelah kanan. Tombol ditekan dan ditahan hingga sekitar 3 detik. Nantinya, akan muncul icon Wi-Fi di layar. Begitu ini sudah muncul, berarti Wi-Fi yang ada di kamera sudah aktif. Setelah itu,nanti juga akan muncul password dan ID yang nantinya dimasukkan ke dalam aplikasi.

Tahap selanjutnya adalah mengakses aplikasi. Sebelum ini dilakukan, jaringan Wi-Fi yang ada di gawai diaktifkan. Walau nantinya aplikasi XDV bisa meminta ijin untuk mengaktifkan jaringan nirkabel, akan jauh lebih baik bila memastikan itu sendiri. Ketika aplikasi sudah dibuka, nanti akan muncul permintaan untuk terhubung ke kamera. Untuk itu, ID dan password bisa dimasukkan untuk memastikan bahwa aplikasi dan kamera sudah benar-benar terhubung.

  1. Mengambil gambar dan video dari smarphone atau tablet

Proses menghubungkan gawai dan kamera bisa saja memakan waktu beberapa detik. Begitu proses sudah ada, nantinya gambar yang diambil dari action camera ini akan muncul juga di layar gawai melalui aplikasi yang digunakan. Ketika ini terjadi, maka proses pengaturan untuk menghubungkan dua perangkat tersebut sudah selesai.

Nantinya, proses eksekusi bisa dilakukan dari gawai. Ini akan berguna sekali ketika nantinya kamera tersebut diletakkan di bagian yang susah dijangkau. Dengan adanya jaringan dan koneksi nirkabel ini, semuanya bisa dipantau dan dilakukan cukup dari gawai yang sudah terhubung. Dengan demikian, kamera pun tidak perlu dilepas dan dipasang lagi sekedar untuk mengatur kamera dan video.

Cara tersebut sangatlah mudah untuk dilakukan. Tentunya tidak akan ada masalah atau kendala apapun. Apalagi, aplikasi bisa berjalan dengan lancar dan tidak akan mudah error karena beban yang diberikan pada gawai. Tentunya, kondisi baterai dan memori sangatlah perlu dipastikan. Hal ini menjadi sangat penting karena nantinya kamera akan mengambil foto dan video dalam durasi yang lama. Akan sangat disayangkan ketika pengambilan gambar tersebut terputus karena baterai yang habis atau kapasitas memori yang sudah tidak mencukupi.

Lalu, yang juga tak kalah penting terkait Setting Wifi Kamera Kogan Ke HP Android adalah untuk memperbarui aplikasi XDV yang digunakan. Begitu ada pembaharuan, lebih baik itu segera dilakukan saja. Dalam beberapa kasus, smartphone ataupun tablet tidak bisa terhubung ke aplikasi karena aplikasi yang sudah tidak mendukung dan ini perlu segera diperbarui. Prosesnya mudah karena ini sama mudahnya ketika memperbarui aplikasi lainnya.

Yang juga tak kalah penting adalah tentang sumber dari aplikasi tersebut. Sudah pasti, aplikasi XDV ini haruslah diunduh dari app store yang sudah disediakan oleh Android. Walau memang ada juga aplikasi dari sumber lainnya, ini sangatlah tidak dianjurkan karena bisa saja aplikasi tersebut memuat virus. Lebih lagi, aplikasi yang ada di toko aplikasi resmi Android juga gratis dan sudah dicek agar risiko virus masuk ke gawai akan berkurang.

Informasi penting lainnya adalah untuk transfer dan memindah foto serta video yang ada di action camera. Dalam hal ini, biasanya akses wireless yang ada juga bisa digunakan untuk mengakses dan memindahkan video dan foto yang sudah diambil. Selain itu, cara lainnya adalah dengan mencopot memory card yang digunakan dan kemudian memindahkan filenya. Ketika ingin memindahkan ke gawai, bisa dengan menggunakan teknologi OTG. Sudah pasti, file tersebut juga bisa dipindahkan ke perangkat komputer.

Itulah beberapa informasi tentang cara pengaturan dan menghubungkan kamera Kogan ke perangkat berbasis Android. Prosesnya sebenarnya sangatlah mudah dan cepat. Semua ini bisa terjadi karena bantuan aplikasi sebagai penghubung kamera dengan gawai yang digunakan. Beberapa informasi tambahan juga sudah diberikan agar nantinya semuanya bisa terasa nyaman. Semua momen penting bisa tertangkap kamera dan terekam. Semuanya ini akan bisa diakses cukup dari gawai begitu pengguna sudah tahu cara Setting Wifi Kamera Kogan Ke HP Android.