Cara Mengetahui Nomor Kartu BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan Hilang Lewat Online

Posted on

Setiap penduduk Indonesia yang menetap di Indonesia saat ini difasilitasi dengan layanan kesehatan yaitu dengan menggunakan kartu BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial). Pemerintah mewajibkan setiap warga mendaftarkan dirinya dan keluarga untuk mendaftarkan kartu BPJS agar mendapatkan layanan kesehatan yang baik. Kartu BPJS umumnya selalu dibawa oleh pemiliknya. Namun, terkadang orang lalai dan menghilangkan kartu BPJS. Anda bisa melaporkannya asal Anda paham tentang cara mengetahui nomor kartu BPJS yang hilang. Nomor tersebut penting untuk melacak data pribadi Anda terkait layanan BPJS.

BPJS merupakan pihak otonom yang mengelola asuransi kesehatan penduduk Indonesia mulai WNI (Warga Negara Indonesia) sampai ekspatriat ITAS (Izin Tinggal Terbatas) dan ITAP (Izin Tinggal Tetap). Terdapat 2 BPJS yang ada di Indonesia, yaitu BPJS Ketenagakerjaan yang merupakan terusan Jamsostek dan BPJS Kesehatan yang merupakan terusan PT. Askes. Keduanya diatur oleh pemerintah melalui Undang-Udang nomor 24 tahun 2011.

mengetahui nomor bpjs hilang

Langkah-Langkah dalam Cara Mengetahui Nomor Kartu BPJS

Kartu BPJS merupakan bentuk pelayanan negara kepada warganya. Setiap warga negara memiliki premi yang berbeda sesuai tingkatannya. Hal ini diatur dalam Keputusan Presiden nomor 19 tahu 2016. Apabila ada warga negara yang tergolong tidak mampu, premi akan dibayar oleh negara. Hal ini dilakukan untuk memeratakan fasilitas kesehatan kepada berbagai golongan. Program BPJS melayani berbagai program kesehatan kecuali yang tidak diatur BPJS. Kartu BPJS dibawa oleh masing-masing individu yang terdaftar. Dalam kartu BPJS tersebut tercantum identitas beserta nomor kartu BPJS. Nomor tersebut merupakan identitas kartu yang sebaiknya tidak hilang.

Namun, terkadang ada beberapa orang yang lalai sehingga menghilangkan kartu BPJS. Hal tersebut diperparah ketika mereka tidak hafal dengan nomor yang tercantum di kartu BPJS.  Nomor BPJS yang telah hilang ataupun lupa dapat diketahui dengan mudah. Cara mengetahui nomor kartu BPJS antara BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan berbeda. Berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan online jika kartu BPJS Kesehatan hilang.

  1. Mencari menggunakan kartu BPJS keluarga

Sebelum memulai mencari tahu tentang info nomor BPJS, terdapat hal yang perlu dipersiapkan. Anda harus meminjam kartu BPJS salah satu anggota keluarga Anda. Keluarga yang dimaksudkan adalah yang tercantum dalam satu KK. Nomor BPJS anggota keluarga dalam satu KK biasanya berurutan dan dapat dilihat secara bersamaan. Oleh karena itu, adanya anggota keluarga dalam satu KK dan memiliki kartu BPJS sangat penting. Tanpa hal ini, mengetahui nomor BPJS akan menjadi lebih sulit.

  1. Buka situs BPJS

Setelah mendapatkan pinjaman kartu BPJS salah satu keluarga, Anda dapat membuka situs BPJS melalui www.daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking. Situs tersebut merupakan situs resmi yang disediakan oleh BPJS Kesehatan sehingga Anda tidak perlu khawatir data Anda akan digunakan oleh orang lain. Di halaman situs tersebut, Anda akan melihat kolom untuk mengisi nomor kartu BPJS, tanggal lahir, dan angka validasi. Di bawah kolom tersebut tersedia tabel yang akan memperlihatkan hasil pencarian Anda.

  1. Mengisi data

Di kolom yang tersedia, masukkan data sesuai dengan kolom. Pada kolom nomor diisi nomor BPJS anggota keluarga, kolom tanggal lahir diisi dengan tanggal lahir anggota keluarga, dan kolom angka validasi diisi  dengan nomor yang telah muncul di gambar. Perhatikan dan teliti setiap data yang telah dimasukkan agar keluar hasil yang sesuai dengan data tersebut. Pilih tombol cek yang terletak di bawah bagian pengisian data. Sistem akan memproses pencarian. Tunggulah beberapa saat sampai hasil keluar.

  1. Periksa hasil pencarian

Dengan cara mengetahui nomor kartu BPJS di atas, Anda akan mendapatkan tampilan terkait data-data dari peserta BPJS dari anggota keluarga Anda. Anda akan melihat data antara lain nama, nomor, status, jenis, jumlah anggota keluarga serta pembaruan data. Selain itu, Anda akan melihat informasi mengenai pembayaran mulai dari tagihan, denda, total tagihan, tanggal pembayaran terakhir, nominal pembayaran, sampai saldo masing-masing anggota keluarga.

  1. Catat nomor kartu BPJS Anda

Pada tabel pembayaran layanan BPJS inilah Anda dapat melihat nomor BPJS anggota keluarga lain, termasuk milik Anda. Anda dapat melihat informasi kartu nomor BPJS Anda di kolom nomor peserta yang bersebelahan dengan kolom nama peserta. Dari kolom tersebut Anda dapat mengetahui nomor BPJS Anda. Catat nomor tersebut di secarik kertas atau dalam catatan HP. Sebagai jaga-jaga, simpanlah nomor kartu yang dicatat di kertas tersebut di dompet. Anda juga dapat mencatat nomor anggota keluarga lain. Setelah melakukan pencatatan nomor kartu di tempat lain, Anda tidak perlu menerapkan cara mengetahui nomor kartu BPJS lagi jika ada kartu BPJS yang hilang. Anda dapat langsung melakukan langkah selanjutnya untuk mengurus kartu BPJS.

  1. Meminta surat kehilangan

Untuk mengurus ganti kartu BPJS, terlebih dahulu Anda mengurus surat kehilangan. Surat kehilangan dapat diminta di kantor polisi terdekat. Saat ke kantor polisi, Anda akan diminta untuk menunjukkan KTP (Kartu Tanda Penduduk). Setelah itu, Anda melaporkan apa yang hilang. Anda akan mendapatkan selembar surat kehilangan yang berisi data diri Anda mulai nama sampai alamat dan barang apa yang hilang. Simpan surat kehilangan tersebut untuk ditunjukkan ke kantor BPJS.

  1. Meminta ganti kartu BPJS

Berbekal surat kehilangan dari aparat kepolisian, Anda dapat membawanya ke kantor BPJS. Anda dapat menuju bagian pelayanan pelanggan untuk mengurus penggantian kartu BPJS yangtelah hilang. Pembuatan kartu BPJS baru akan membutuhkan beberapa waktu.

Pembuatan kartu baru ini dapat dimanfaatkan untuk Anda yang ingin mengubah layanan BPJS. Misalnya, Anda ingin beralih dari peserta BPJS kesehatan perusahaan menjadi peserta BPJS mandiri karena telah mengundurkan diri atau sebab lain. Apabila terdapat kepentingan lain, Anda tidak hanya membutuhkan informasi tentang nomor BPJS, tetapi juga persyaratan lain yang dibutuhkan.

Langkah untuk mengurus hilangnya kartu BPJS Ketenagakerjaan tentu berbeda dengan BPJS kesehatan. Cara mengetahui nomor kartu BPJS Ketenagakerjaan tidak dapat dilakukan secara online. Anda harus meminta arsip peserta BPJS di perusahaan dan meminta surat pengantar untuk dibawa ke kantor BPJS. Saat di kantor BPJS, Anda dapat meminta bantuan petugas pelayanan. Biasanya petugas akan meminta data terkait nomor KTP, nama perusahaan tempat bekerja, nomor telepon yang bisa dihubungi, dan e-mail Anda. Setelah itu, petugas akan menunjukkan nomor BPJS Anda. Untuk membuat kartu baru, langkah yang dilakukan sama seperti mengurus kartu BPJS Kesehatan. Anda perlu membuat surat kehilangan dari kantor kepolisian. Dimana surat kehilangan tersebut menjadi salah satu syarat untuk diberikan ke kantor BPJS Ketenegakerjaan untuk membuat kartu baru.

Itulah langkah-langkah dalam cara mengetahui nomor kartu BPJS sampai cara mengurus penggantian kartu BPJS yang hilang. Kartu BPJS sangat penting karena mempermudah proses saat Anda sakit dan dapat membantu meringankan biaya terapi yang Anda butuhkan. Oleh karena itu, kartu BPJS sebaiknya selalu ada dan dibawa ke manapun Anda pergi.