Cara Cek E-KTP Sudah Jadi Apa Belum Via Internet

Posted on

Cara Cek E-KTP Sudah Jadi Apa Belum Via Internet Atau Online – E-KTP adalah sebuah kartu penduduk yang diciptakan berdasarkan kecanggihan elektronik yang didesain sedemikian rupa agar tercipta suatu kartu penduduk dengan nilai tambah yang lebih baik dari segi fungsi dan dan juga fisik jika dibanding dengan kartu penduduk sebelumnya.

E-KTP juga dirancang khusus oleh para ahli dengan standar dan komputerisasi yang sudah teruji dibidangnya, peluncuran E-KTP ini dimulai sejak bulan Februari di Tahun 2011 lalu yang memiliki dua arah pelaksanaan yakni ditahap awal pada Tahun 2011 tanggal 30 April 30 April 2012 dengan jumlah penduduk yang mencapai hingga 67 juta dan diteruskan pada tahap dua yang mencapi hingga 105 juta jiwa penduduk.

cek ektp sudah jadi belum

E-KTP sendiri berasal dari sebuah penamaan yang disingkat dengan arti sesungguhnya yakni elektronik kartu tanda penduduk, yang mana didalamnya terkait dengan basis data, keamanan dan juga administrasi yang tersemat dalam E-KTP. E-KTP sendiri telah menggunakan teknologi terkini yang jika dilihat dari segi kepraktisan dan kemudahan jauh lebih baik jika dibanding dengan ktp konvensional yang dikeluarkan oleh Kementrian Republik Indonesia sebelumnya.

Sisi lain kelebihan dari E-KTP ini adalah memberantas aksi penduduk nakal yang hendak berbuat curang seperti hal-hal menggandakan KTP. Contohnya bisa digunakan untuk memalsukan identitas asli maupun menggandakan KTP, menghindari pajak, mempermudah proses pembuatan paspor yang tak bisa dibuat di semua daerah, hide identitas dan mengamankan korupsi maupun tindak kejahatan lainya.

Maka dari itu, didorong dengan pelaksanaan pemerintah secara elektronik atau disebut dengan e-Government ini tak lain untuk meningkatkan layanan dan keamanan extra bagi setiap warna Negara Indonesia agar terhindar dari segala macam tindak kejahatan yang berkaitan dengan kartu penduduk, juga sebagai antisipasi dari kenakalan oknum tertentu yang memanfaatkan lemahnya teknologi KTP konvensional yang dikeluarkan oleh Kementrian Republik Indonesia sebelumnya.

Dasar hukum dari e-KTP

Menurut peraturan yang dikeluarkan Presiden dengan nomor 26 pada tahun 2009 terkait dengan penerapan KTP dengan basis acuan dari Nomor Induk Kependudukan yang sah yakni sebagai berikut :

Berdasarkan Undang-Undang RI Nomo 23 pada tahun 2006 mengenai Administrasi Kependudukan, yang berbunyi “Setiap penduduk hanya diperkenankan mempunyai 1 KTP yang sesuai dengan NIK. Bagi sebagian dari kita mungkin masih belum tahu apa itu NIK, NIK adalah sebuah identitas diri yang terdapat pada E-KTP dengan masa aktif seumur hidup, sedangkan nomor NIK adalah jajaran nomor identitas penduduk yang nantinya bisa difungsikan sebagai pelengkap dari berkas-berkas atau surat seperti NPWP, SHM (sertifikat hak milik ), Nopol ( nomor polisi pada kendaraan bermotor ) dan lain sebagainya.

Apa Saja Fungsi Dari E-KTP ?

Jika kita berbicara sebuah kartu identitas atau KTP tentu akan sangat banyak sekali manfaat realnya dalam kehidupan, manfaat atau fungsi dari E-KTP itu sendiri diantaranya yaitu :

  • Sebagai kartu identitas diri yang sah
  • Digunakan untuk pembuatan SIM kendaraan bermotor
  • Digunakan untuk pembuatan buku nikah
  • Digunakan sebagai pelengkap data untuk pembuatan Akta kelahiran
  • Digunakan sebagai pelengkap data untuk pembuatan NPWP atau kartu pajak usaha
  • Digunakan sebagai pelengkap data untuk pembuatan surat/berkas melamar pekerjaan
  • Digunakan sebagai pelengkap data untuk pembuatan SHM
  • Digunakan sebagai pelengkap data untuk pembuatan AJB
  • Digunakan sebagai pelengkap data untuk pembuatan Buku rekening tabungan di Bank
  • Digunakan sebagai pelengkap data untuk pembuatan KK 9 kartu keluarga
  • Digunakan sebagai pelengkap data untuk pembuatan BPJS
  • Digunakan sebagai pelengkap data untuk pembuatan Surat cerai nikah
  • Digunakan sebagai pelengkap data untuk pembuatan surat hak waris
  • Sebagai pelengkap dari data yang dibutuhkan seperti formulir pendaftaran dan verifikasi keabsahan dari warga Negara yang valid
  • Dan brmacam fungsi lainya yang tak dapat kami sebutkan satu persatu

Jika Anda warna Negara Indonesia yang telah berusia 17 Tahun maka diwajibkan harus sudah memiliki sebuah kartu identitas atau KTP, E-KTP sendiri dapat kita buat dengan mudah baik itu secara manual datang langsung ke kantor dinas kependudukan yang berada di kota Anda masing-masing, juga dapat kita tempuh melalui sebuah layanan online yang telah disediakan oleh pemerintah pada situs E-KTP tersebut, silahkan sesuaikan saja dengan kebutuhan masing-masing.

Lalu berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat E-KTP ini ? pada dasarnya program komputerisasi pada E-KTP yang dikeluarkan oleh Kementrian Republik Indonesia ini diluncurkan secara free alias gratis, selama Anda warna Indonesia asli yang telah berusia 17 Tahun, maka sudah berhak mendapatkan sebuah layanan E-KTP dan juga kartu fisik dari E-KTP tersebut. Namun terkadang dilapangan sedikit berbeda, ada saja oknum nakal yang membebani warga dengan biaya-biaya tersembunyi saat membuat kartu indentitas E-KTP tersebut.

Kemudahan teknologi di Tahun 2018 ini semakin memudahkan kita untuk melakukan segala kebutuhan apapun dalah hidup ini, sama halnya dengan membuat E-KTP yang bisa dilakukan secara online dan dapat kita lacak prosesnya melalui online juga, tanpa harus repot-repot pergi ke kantor Dinas penduduk. Bagi Anda yang yang sudah submit daftar E-KTP secara online dan ingin mengetahui sejauh mana proses dari pembuatan E-KTP milik Anda, maka silahkan simak beberapa point dibawah ini :

Cara Cek Data E-KTP Sudah Via Aplikasi

Anda bisa memanfaatkan aplikasi gratis Cek KTP ( free ) ini untuk cek sebuah kevalidan data dari sebuah KTP, caranya sangat mudah sekali silahkan unduh aplikasi Cek KTP dan install di ponsel Anda, kemudian masukan nomor NIK KTP Anda pada aplikasi tersebut, maka semua data dari E-KTP akan muncul.

Cara Cek Data E-KTP Online Lewat Website

Anda juga bisa memanfaatkan situs yang dikembangkan oleh Pemerintah Indonesia untuk mengecek sejauh mana proses dari E-KTP yang tengah Anda buat, caranya sangat mudah silahkan kunjungi link berikut dukcapil.kemendagri.go.id/ceknik dan masukan nomor NIK KTP yang diberikan saat pendaftaran pada kolom lacak NIK yang telah disediakan oleh situs tersebut, setelah Anda memasukan nomor NIK maka akan muncul data E-KTP yang Anda tengah cari, dengan catatan proses E-KTP tersebut telah selesai dan bisa Anda ambil di Kanto Dinas kependudukan setempat, namun berbeda halnya jika E-KTP yang Anda buat belum selesai, maka akan muncul halaman kosong tanpa ada informasi apapun didalamnya.

Demikian yang bisa kami bagikan pada kesempatan kali ini mengenai cara cek data E-KTP dan cara cek E-KTP secara online, semoga apa yang kami sampaikan kali ini bisa memberi manfaat untuk Anda semua, khususnya bagi Anda yang kini tengah mencari informasi sepuataran E-KTP. Saran kami sebelum Anda memutuskan untuk membuat E-KTP pastikan terlebih dahulu ejaan nama yang benar dan juga perhatikan alamat juga tempat tanggal lahir yang akurat, hal ini dilakukan agar tidak terjadi kesalahan pemasukan data pada saat E-KTP di proses.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *